Dutch, The Pioneer of the Building Art
-Jejak Peninggalan Bangunan Belanda di Indonesia –

Wednesday, May 08, 2013



Belanda , negara yang pernah menjajah indonesia selama 3,5 abad telah meninggalkan berbagai jejak penderitaan dan kesengsaraan bagi bangsa ini. Namun dibalik cerita kelamnya, Belanda juga meninggalkan karya-karya arsitektur indah yang masih berdiri kokoh hingga saat ini.
Yuk intip berbagai arsitekturnya :D

1. Telephone Office Surabaya



                                               Telephone Office Surabaya (dibangun tahun 1922)
  
2. Rumah sakit PT Pelni Petamburan


                                       Rumah sakit PT Pelni Petamburan (dibangun tahun 1914-1915)


3. Stasiun Kota Jakarta

  




Stasiun Kota Jakarta (dibangun tahun 1928-1929)

Stasiun yang diremsikan pada tanggal 8 Oktober 1929 merupakan rancangan arsitek F.J.L Ghijsels, ia merupakan salah seorang pendiri AIA(Algemeen Ingenieur Architectenbureau). Karya-karya AIA yang dapat dilihat hingga saat ini seperti Rumah Sakir PELNI Petamburan di Jakarta dan Rumah Sakit Panti Rapih di Yogyakarta.
Stasiun Kota Jakarta merupakan karya besar F.J.L Ghijsels yang dikenal dengan ungkapan Het Indische Bouwen yakni perpaduan antara struktur dan teknik modern barat dipadu dengan bentuk-bentuk tradisional setempat. Dengan balutan art deco yang kental, rancangan Ghijsels ini terkesan sederhana meski bercita rasa tinggi. Sesuai dengan filosofi Yunani Kuno, kesederhanaan adalah jalan terpendek menuju kecantikan.



4. Hotel des Indes





Hotel des Indes (design pada tahun 1928)


Setelah Indonesia merdeka, hotel ini diambil alih Pemerintah Indonesia pada tahun 1960, dan diganti namanya menjadi Hotel Duta Indonesia. Pada tahun 1971, bangunan hotel dibongkar untuk didirikan Pertokoan Duta Merlin.

Bangunannya yang tak hanya indah, tapi juga masih awet dan memiliki konstruksi yang tidak mengabaikan lingkungan sekitar patut ditiru untuk diaplikasikan di Indonesia. Nah, bagi putra – putri Indonesia yang belajar arsitektur, tak salah jika menilai Belanda sebagai tempat tujuan belajar karena Belanda adalah Art of Building’s Pioneer yang telah dibuktikan oleh sejarah bangsa kita

Sumber: 
Buku Ir. F.J.L. Ghijsels , Architect in Indonesia (1910 - 1929) diterbitkan oleh Seram Press Utretch Netherlands

You Might Also Like

0 comments

Subscribe