Holand Education Fair

Thursday, November 22, 2012

Haloww .....
Lama gag posting, wah harus giat nih karena masih newbie blog juga..kali ini mau share pengalaman dateng ke Education Fair, tepatnya di Holland Education Fair..
Acara ini diadakan tanggal 29 oktober lalau, tapi baru posting sekarang, jadi maaf jika terlambat..

-- info acaranya --


Karena saya juga masih dalam suasana gencar-gencarnya jadi Scholarship Hunter jadi pas tau info acara ini, saya langsung mutusin buat dateng..
nah, tepat sama acara itu, ghea lagi diundang seminar ke jakarta bareng ilham, jadi otomatis sekali saya ke ugm sendirian karena temen cowok pada gag ada yang mau berangkat..
tapi karena saya gag mau muter-muter stan universitas sendirian lebih baik mencoba chat chat temen yang lagi onlen YM hahaha..
mulai dari nana, afif, de el el..dan ternyata karena saya dadakan ngomongnya jadi mereka susah untuk ikutan..tapi akhirnya afif-lah yang menemani saya ke ugm, karena dia juga lagi psg di ugm..

Nyampek ugm jam 4, padahal acara mulai jam 3, karena harus berurusan dulu sama waktu perjalanan yang agak lama..
ketemu afif di shelter kopma ugm, kita langsung nyari gedung FEB Pertamina UGM, gedung di dalem kompleks ugm ini yang menjadi tempat diadakannya acara tepatnya di lantai 7..
dan wow dengan penuh kejujuran, saya dan afif agak kaku juga pas keinget kita harus naik lift..selain takut gag bisa operating (bisa dibilang ndesa haha padahal udah pernah naik juga sebelumnya) , kita (lebih tepatnya saya) malah mikir gimana kalo liftnya stuck.
Fobia gag beralasan sebenernya, tapi ini mungkin efek karena kebanyakan nonton film hahaha
Dan...
Akhirnya berhasil naik ke lantai 7 dengan selamat  : D (alay), kita langsung dateng ke stand panitia, ngisi" form terus antri di pintu masuk, pengunjung yang masuk ruangan memang dibatasi karena ruangan yang tidak terlalu besar dan alasan kenyamanan acara..

Setelah akhirnya masuk ruangan, saya langsung musatin perhatian buat nyari universitas yang udah saya tandai di binder hunter haha..ini binder khusus buat nandai acara-acara study abroad, mulai dari kiat-kiat sampe schedule acara yang mau diikuti : D
nah ini dia daftar universitas-universitas yang dateng di Placement day Yogyakarta :

1. Delft University of Technology (TU Delft)
2. University of Groningen
3. Institute of Housing and Urban Development Studies (IHS), Erasmus University Rotterdam
4. Institute of Social Studies (ISS), Erasmus University Rotterdam
5. Radbound University Nijmegen
6. University of Twente
7. Tilburg University

dari sekian universitas ada 3 universitas yang saya tandai buat wajib dikunjungi karena ada prodi Computing Science atau prodi yang berhubungan dengan IT  :

1.  Delft University of Technology (TU Delft)
2.  University of Groningen
3.  Radbound University Nijmegen

Review dari hasil obrolan dari wakil-wakil universitas, ternyata masalah finansial masih menjadi yang paling utama bagi calon mahasiswa seperti saya, karena untuk engineering biaya yang harus dibayar tiap tahunnya sekitar 1800 euro atau sekitar 21.600.000 belum lagi biaya hidup de el el..
Tapi kalo emang kamu scholarship hunter atau minat buat kesana ada kok beasiswa dari universitas atau instansi-instansi..tapi harus rajin nyari dan catat deadlinenya.. : )

Selain itu, kendala bahasa juga terjadi, karena banyak program Bsc (Bachelor) yang tidak tersedia dalam bahasa inggris, jadi harus ada persiapan kursus bahasa Belanda untuk hidup dan belajar di sana..

Ini oleh-oleh beberapa foto dari sana ..buram juga karena pake kamera hp hehe


-- Delft University of Technology (TU Delft) - 


-- Perwakilan TU Delft yang lagi rame ditanya-tanya :D --


-- Institute of Housing and Urban Development Studies (IHS), Erasmus University Rotterdam --


-- Institute of Social Studies (ISS), Erasmus University Rotterdam --


-- Cari info di University of Twentee --

Perwakilannya ramah banget, dan yang paling lama cari info di universitas Twentee, selain karena ada yang orang Engineering tapi juga karena keramahan dan lengkapnya info yang mereka jelaskan.
Bapak dari universitas twentee ini lagi menjelaskan prodi Engineering ke saya, haha, pede gag pede harus berani komunikasi kalo mau dapet info..


-- Nuffic Neso --

Ini stand-nya Nuffic Neso, mereka adalah lembaga pendidikan Belanda di Indonesia, dari stand mereka saya jadi tau beberapa beasiswa dan kriterianya..
Pertanyaan yang diajukan juga gag hanya tentang pendidikan, tapi juga masalah biaya hidup, lingkungan atau bahkan pengalaman hidup di belanda dari perwakilannya..
Saran buat temen-temen yang memang mau sekolah ke luar negeri, khususnya yang nyari beasiswa jangan capek buat nyari info, dan jangan lupa juga mempersiapkan file-file yang dibutuhin seperti TOEFL test, atau tes-tes akademik lain..

Dari acara itu dapet juga brosur buat cari tau info-info universitas di belanda..


-- brosur Nuffic Neso --
isinya info-info beasiswa, tes IELTS, dan brosur tentang negara belanda


-- brosur Erasmus University --
Universitasnya bagus, tapi ilmu yang banyak dipelajari tentang sosial dan management


-- brosur Universitas Groningen --
Universitas Groningen punya banyak prodi dalam kelas bahasa inggris..silahkan cari tau di webnya buat yang minat : D

Capek muter-muter di ruangan, saya sama afif mutusin but keluar hehehe...oia thanks buat afif yang udah nganterin muter-muter : D


-- me --


-- afifah --

Meskipun universitas yang datang tidak sebanyak di Semarang dan Jakarta, Placement Day di Jogja tetap menarik, karena dimanapun kamu berada kesempatan pasti tetap ada, hanya harus tetap mencari dan fokus.. : ) 





You Might Also Like

2 comments

Subscribe