Memanfaatkan Sosial Media untuk Bisnis Kecil

Friday, November 23, 2012



Why What Where Who When How ??
Rumus 5-W 1-H , banyak diantara kita yang sudah tidak asing lagi dengan rumus tersebut, nah dalam penggunaan sosial media dalam bisnis pun kita harus tau langkah-langkah yang akan digunakan.
Yuk diulas satu-persatu,



Jawabannya adalah pada kondisi permodalan dan ilmu ekonomi yang minim. Small Bussiness biasanya merujuk pada pelaku pasar bisnis yang mempunyai modal sedikit dalam pengembangan usahanya dan oleh karena minimnya modal yang mereka miliki tentu membuat mereka harus menggunakan dana dengan tepat guna.
Media periklanan yang mereka gunakan tentunya adalah media yang minim dana bahkan bisa dikatakan gratis seperti iklan dari mulut ke mulut atau hanya cetak beberapa poster maupun kartu nama.



Bertanya tentang tantangan jaman terhadap small bussiness?? Sangat menggemaskan, karena persaingan dengan usaha bermodal dari kelas menengah keatas saat ini real terjadi. Dengan sokongan modal yang kurang memadai membuat small bussiness harus lebih bekerja keras dalam hal inovasi produk dan pemasaran serta manajemen.


Cara yang cukup sederhana adalah dengan mengetikkan alamat “facebook.com” atau “twitter.com”, dengan 2 situs sosial media paling populer di Indonesia ini anda sudah bisa beriklan secara gratis melalui fitur yang telah mereka sediakan. Sebut saja fitur “page”  atau “grup” dari Facebook, anda bisa menggunakannya untuk memuat foto-foto barang yang anda jual, menyebarluaskan hanya dengan sekali klik pada tombol klik atau share.
Atau anda dapat menggunakan sosial media yang juga ramai di indonesia..twitter. Hanya dengan 140 karakter, anda dapat mengiklankan barang jualan anda ke banyak konsumen, tips lain di twitter adalah menggunakan hashtag yang menyertakan merk dagang produk anda sebagai ciri khas agar pos anda menjadi menarik.



Sasaran dari penggunaan sosial media kebanyakan adalah usia produktif yaitu usia 18-35 tahun. Namun jangkauan sasaran konsumen bisa semakin meluas karena sosial media pada dasarnya dapat digunakan oleh usia muda, dewasa maupun orang tua.



Mulailah saat ini juga, karena dunia akan semakin berkembang tak terkecuali dengan sosial media yang ada. Sosial media yang ada saat ini terus meningkat dalam hal pengguna maupun popularitasnya.  Fakta-fakta dari wearesocial.sq , situs statistik singapura  yang menghitung penggunaan sosial media di negara-negara di dunia membuktikan terjadinya peningkatan ketertarikan orang untuk membuat dirinya terhubung pada situs-situs sosial media. 



Dunia semakin membuka diri untuk mempermudah orang dalam mencari informasi maupun peluang usaha yang dibantu oleh sosial media.



How  adalah poin yang wajib dipelajari, how is the power karena langkah awal kita untuk melakukannya adalah hal yang penting. Jadi, meski anda masih merupakan small bussiness, anda harus menerapkan smart production dan smart marketing dalam dunia usaha anda. Dalam hal smart marketing, sosial media merupakan cara yang wajib anda lakukan karena kelebihannya sebagai berikut:

  1. Pengguna sosial media yang terus meningkat
Minat orang untuk mendapatkan dan berbagi informasi terus menigkat. Peningkatan itu berpengaruh langsung pada sosial media yang merupakan wadah orang untuk bisa berkomunikasi tanpa batas jarak dan waktu. Pemanfaatannya yang beragam juga sangat bermanfaat seperti media jual beli online, berbagi ilmu dan  pengalaman, aktualisasi diri, membuka peluang pekerjaan dan lain-lain 

2.  Biaya periklanan minimun dan jangkauan maksimum
Bayangkan jika anda harus mengiklankan produk anda hingga ke luar negeri, berapa biaya yang harus anda keluarkan? Inilah pertimbangan betapa hematnya penggunaan sosial media. Hanya dengan membuat 1 akun gratis , anda dapt terhubung dengan orang-orang di seluruh dunia.

3.  Waktu yang tepat guna
Terciptanya suatu hasil produksi akan sia-sia jika kita tidak memiliki kemampuan memasarkan yang baik dengan membuat distribution channel dan people connection yang luas. Tapi untuk membangun koneksi dengan banyak orang, anda harus meluangkan waktu yang tidak sedikit. Belum lagi  jika koneksi yang anda bangun tidak berujung pada sebuah transaksi produk anda. Adanya sosial media membantu anda dalam memperluas koneksi dengan banyak orang tanpa anda harus mengenalnya secara detail.

4.  Cepatnya informasi
Fitur sosial media yang real time membuat anda dapat segera mendapatkan informasi tentang pemesanan, pengiriman barang, atau transaksi pembayaran produk anda dari konsumen. 

Dari beberapa kelebihan sosial media tersebut kita bisa membuat langkah-langkah untuk bisa memanfaatkannya secara maksimal, seperti dalam smart marketing :

1. Kenali produk dan konsumen anda
Mulai dengan mengenalinya, karena anda akan membuat sosial media tersebut dapat diterima oleh konsumen  anda, baik dari segi tampilan, pelayanan, maupun cara anda berkomunikasi nantinya

2. Gunakan sosial media sesuai fungsinya
Jadilah pengguna yang bijak. Jangan membuat konsumen anda atau bahkan pengguna sosial media lain terganggu dengan ulah anda. Seperti penggunaan bahasa yang sopan dan menempatkan iklan dengan teratur dan rapi.

3. Lakukan pelayanan yang tepat 
Pelayanan tepat berarti tidak hanya pada kecepatan namun juga ketelitian. Konsumen akan sangat menghargai anda jika mereka mendapatkan apa yang mereka inginkan dengan cepat, tanpa proses yang lama dan rumit, serta produk yang diharapkan diterima dalam keadaan baik.
Jadi terus perbaharui pelayanan sosial media anda.

Setelah tau menfaatnya, kenapa tidak segera dilakukan?? ; D


---------------                                                                                                                      ---------------

Tulisan ini dibuat untuk keikutsertaan dalam lomba

Blog Competition
Social Media Nation :
The Power of Social Media for Creative Industry & Small Business
30 tahun Prasetiya Mulya Business School (PMBS)


You Might Also Like

0 comments

Subscribe