International Scholarship Seminar (ISS)

Friday, November 23, 2012

Mulailah bermimpi,,
dan jangan pernah lupakan mimpimu
           Jika kau yakin,
           Suatu saat mereka akan menjadi nyata untukmu
                                                                          -- 22 '10 '2012 --

Itu yang saya tuliskan binder hunter saya..
kata yang terus memotivasi saya untuk melakukan banyak perubahan dengan apa yang saya lakukan.
mulailah perubahan dari dirimu, buat hari-harimu teratur sehingga kamu bisa menggunakan waktu sebaik-baiknya
dan catatan pentingnya,orang tanpa mimpi hanya akan berjalan tak tentu arah di dunia, sehingga step to step yang harus dilalui untuk memulai merealisasi mimpi memang harus secepatnya dibangun..

step awal saya dimulai dengan pengumpulan info dan ikut seminar-seminar atau acara..dan ini adalah seminar scholarship yang pertama saya ikuti..

Acara ini diadakan di Gedung Samantha Krida Universitas Brawijaya tanggal 8 November 2012,
well, awalnya tau acara ini pas buka-buka event calendar di halomalang , dan reaksi yang lagi jadi hunter pasti lagsung daftar buat ikut..


-- IAAS --

tak terkecuali buat saya dan febri..karena setelah sebar-sebar info di beberapa grup banyak temen yang minat tapi gag bisa dateng karena acaranya diadain pas hari kerja..sedangakan saya sendiri sangat bersyukur karena pak samuel, bos di tempat kerja selalu berbaik hati untuk mengijinkan datang ke acara, dengan catatan tugas yang diberikan selesai sesuai deadline yang ditentukan.
pas waktu itu masih pertengahan oktober dan masih punya banyak waktu buat daftar, saya langsung menghubungi panitia untuk meminta saran pembayaran karena saya berada di yogyakarta..
dan setelah sms dengan mbak luluk, cp dari ISS saya memutuskan buat janjian ketemu pas lagi di malang, karena saya akan pulang ke malang buat liburan Idul Adha, hehehe
mengobati rindu kos-kosan..karena setidaknya kos di malang sangat-sangatlah nyaman dan tidak tergantikan  : D

Pulang ke malang bareng omnya ghea,,hehehe..sampek malang ternyata kos suepii banget, adek kos pada pulkam karena gag ada sholat Id bareng di sekolah.
Well done..saya 2 hari 1 malam terdampar penuh kesunyian dan tanpa teman di kos ,,muterin sawojajar, beli-beli maem sama jajanan sendiri, dan akhirnya gag bisa ketemu mbak luluk karena mbaknya juga masih pulkam..alhasil pulang kembali ke jogja tanpa melakukan apa yang udah dijadwalkan.

Tapi setelah febri sms lagi, dia yang mau ngurusin pemesanan tiketnya, hehe alhamdulillah..
dan tiba waktu yang di harapin buat berangkat ke malang tanggal 7 malem, naik travel..
perjalanan malam yang panjang karena sampe jam 5 pagi masih di daerah kabupaten malang,
huwaaa ini pasti bakalan telat and no way, belum-belum udah bingung sendiri di hati, sopirnya juga masih muter-muter nganterin paket duluan dan jadilah 6 orang penumpang yang tak jua diantarkan sudah merasa mulai gag sabar..

Ditambah lagi mobilnya ada kerusakan, but alhamdulillah bisa juga nyampek kos, jam 07.00
lari lari ke kos, mandi siap-siap dan go bareng febri haha..naik taksi buat ngejar keterlambatan..
Alhamdulillah sampek sana ternyata masih ada juga yang telat jadi gag ngerasa telat sendiri haha..
dan lebih alhamdulillah lagi karena kita datengnya setelah sambutan-sambutan panjang, so it make us so free to not hear that : D
mulailah acara dengan pembicara yang asyik asyik banget karena yang dateng adalah mereka yang telah benar-benar tau apa yang kita butuhkan..informasi tentunya..list dulu siapa yang dateng yukk : D

1. Perwakilan Konjen Amerika
2. Perwakilan Konjen Jepang
3. Perwakilan Konjen Korea
4. Perwakilan Konjen Prancis
5. AMINEF
6. DAAD
7. NUFIC
8. NESO
9. TEC
10. Korean Culture Center

Dari sekian banyak pembicara yang super sekali dalam memberi panduan tentang beasiswa dan jalan buat ke luar negeri, ada sesi tanya jawab yang selalu saya telat buat ikut -_-
alasan pertama karena bingung mau tanya apa dan setelah ada ternyata yang tanya banyak, akhirnya gag kepilih buat mengutarakan pertanyaan karena quota dibatasi..
1 hal itu yang selalu membuat saya tertantang untuk mencoba, mungkin di lain kesempatan, karena hal yang saya sangat ingat selalu bahwa  orang lain tidak akan mengenal kamu dan tidak tau apa yang kamu pikirkan tanpa kamu mulai untuk menunjukkan dirimu.

Acaranya dibagi dalam 3 sesi, sesi pertama sambutan-sambutan dan pemberian materi dari perwakilan prancis, china, dan neso, habis sesi pertama ada coffe break, jadi stiker yang di dapet pas masuk bisa ditukarkan dengan coffe dan makan siang..
Di area coffe, banyak banget stan-stan dari beberapa instansi seperti Uni Eropa, Jepang, IDP, Erasmus Mundus, AMINEF, LIA, de el el..
nah, ada saat-saat seru lagi berburu info di setiap stan yang ada, mulai bergilirlah saya dan febri jalan dari satu stan ke stan lain, mulai dari IDP yang merupakan institusi konsultan bagi siswa yang ingin kuliah di australia, stan Jepang dengan beasiswa Monbukagakusho, next ke stan AMINEF yang ternyata beasiswa Bsc hanya untuk pertukaran pelajar aja..
tapi yang menarik dari AMINEF kami dijelaskan bahwa ada beasiswa pelatihan bagi SMK yang tidak mampu meneruskan pendidikan ke jenjang universitas. good news, karena pelatihan selama 2 tahun di amerika ini full biaya dan pelatihan disesuaikan dengan jurusan yang kita tempuh selama smk..
Melanjutkan info kami pergi ke stan erasmus mundus, program dari eropa ini memiliki keunggulan tersendiri, karena dalam 1 tahun beasiswa exchange kita bisa menuntut ilmu di 2 universitas yang berbeda..dan program ini tidak hanya menawarkan beasiswa exchange saja, karena banyak program lain yang infonya bisa dicari hehe..

Di stan Erasmus Mundus selain dapet informasi kita juga dapet cerita juga, kebetulan stan sudah sepi karena peserta banyak yang sudah kembali duduk, tapi saya dan febri mencari kesempatan ngobrol bareng mas (yang sampai sekarang gag tau namanya) yang dari tadi membuat kami tertarik dengan cerita pertukaran pelajarnya ke Portugal..
Sejak itu kami manggil masnya mas portugal hehehe...mas itu belajar di 2 universitas berbeda selama exchange program 1 tahunnya, dan yang terakhir dia berada di universitas di Portugal,
dengan biaya hidup dan sekolah yang sudah dia dapatkan dari program Erasmus Mundus, mas ini bekerja part time dan alhasil uang yang didapat dapat di tabung untuk dibawa ke tanah air, hehehe
karena kurs ke rupiah bisa dikatakan tinggi saat ini..
smart idea mas hahaha

Masuk sesi kedua kami terus mendapat suntikan informasi tentang biaya-biayadan kehidupan di luar negeri,
salah satu pembicara yang menarik adalah perwakilan dari Campus France, mbak (saya lupa namanya) menjelaskan bahwa biaya kuliah di perguruan tinggi negeri di prancis sangat rendah.
Meskipun status kita sebagai International Student disana, subsidi pendidikan yang kita dapatkan setara dengan mahasiswa lokal.
So, kalo ada yang minat bisa cari infonya di Campus France..

Nah, kalo ada acara dan gag ada kenangan fotonya bisa dibilang tidak afdol, ini sekilas foto-foto acara IAAS,,,

-- moderator, mahasiswa ub, perwakilan dari neso, cina, dan prancis --



-- moderaor, perwakilan jepang di surabaya (Mr Nomiya ), perwakilan prancis --
Fresh opening dari Mr Nomiya yang berbahasa Indonesia dengan logat khas jepangnya :D 


-- promotion video of japan --
Disajikan dalam ulasan menarik dari 4 musim di jepang, amazing hahaha : D


 -- ada pameran foto-foto dan stan institusi pas coffe break --


-- kawan-kawan moklet yang datang --

-- foto dulu :D , ada ms arif, febri, saya, aditya --

-- febri's name tag --

-- my name tag --

-- pertunjukan seni tari jepang, tapi belum tau tari apa hehehe --

Sharing is Caring



Itu yang diterapkan dai acara seminar ini..banyak alumni-alumni program beasiswa maupun exchange yang datang untuk sharing pengalaman maupun tips-tips yang berguna..

Dan dari semua sesi, di sesi terakhir ada pertunjukan seni tari dari jepang, tapi sampai sekarang saya belum tau nama tari-nya. dan ada waktu sharing yang diisi oleh Ibu Dwi Candra Pratiwi, Dosen Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya..perwakilan dari eramus mundus (Mr. Puji), dan salah satu alumni dari program eramus mundus..


Pembicara yang motivate sekali, bu Tiwi,  memulai kisahnya ke negeri taiwan dengan slide quota penyemangat..


Quote yang mungkin sudah umum terdengar, tapi maknanya masih selalu bisa diungkap lagi sebagai penyemangat kita generasi muda :D

-- slide dengan penjelasan yang seru, karena beliau menjelaskan masa-masa kuliahnya juga --


-- nah yang mau kuliah di luar negeri baca dulu persiapan di atas : D --

Banyak cerita-cerita dari bu tiwi yang menggugah kami untuk tidak putus asa meskipun jika tempat kuliah tidak sesuai yang diharapkan.... anggap langkah tersebut sebagai batu loncatan dan pergunakan kesempatamu sebaik-baiknya, nasehat beliau yang sangat berguna hehehe

hingga acara berakhir, semangat kami untuk bisa menjadi mahasiswa universitas luar negeri semakin berpacu.. dan sekarang wajib hukumnya untuk berusaha dan berdoa..karena impian tidak pernah bisa terjadi jika kamu tidak mulai melangkah.. : D




You Might Also Like

5 comments

Subscribe